Selasa, 11 Agustus 2015

Desa Serabi Barat merupakan desa dengan jumlah warga paling banyak setelah desa patenteng di Kecamatan Modung. Desa Serabi barat hanya terdiri dari 7 dusun yaitu dusun Kedduh, Dusun Karang Menga’, Dusun Lokthok, Dusun Jhontor, Dusun Pangkenong, Dusun Jhontor dan Dusun Parseh.
Mayoritas penduduk Desa Serabi Barat memiliki mata pencaharian sebagai petani, peternak dan perantau. Bertani merupakan salah satu mata pencaharian utama bagi warga Serabi Barat. Padi, Kacang Tanah, Singkong dan jagung adalah komoditas yang paling banyak ditanam oleh petani di desa Serabi Barat seperti kebanyakan desa lainnya. Kebutuhan pokok yang masyarakat konsumsi didapatkan dari hasil bertani mereka.
Lahan pertanian yang masih luas menjadi potensi besar bagi warga Desa Serabi Barat. Bangunan yang masih sedikit berdiri menjadi peluang bagi para petani untuk bisa meningkatkan kesejahteraannya.





Ada sebagian warga yang merantau ke luar negeri untuk bisa mencukupi kebutuhan keluarganya. Hal ini dilakukan oleh warga Serabi Barat  karena bagi mereka ketika akan mendirikan usaha atau mencari pekerjaan di Madura sendiri sulit. Sehingga mereka merantau ke luar Kota bahkan keluar negeri.

PEMILIKAN TERNAK
Selain bertani, beternak juga merupakan usaha yang dilakukan oleh warga Serabi Barat. Beternak menjadi bagian dari mata pencaharian dari warga Serabi Barat. Ternak yang dipelihara oleh warga seperti sapi, kambing, dan ayam. Setiap rumah pasti mempunyai sapi. Hal ini sudah menjadi budaya dan sudah turun-temurun.

0 komentar :

Posting Komentar